Kamis, 23 Juni 2016

RENCANA USAHA KEDAI KOPI “ COFFEE SHOP ”

RENCANA USAHA KEDAI KOPI
“ COFFEE SHOP ”
                     lihat video pengusaha kopi suskses dengan omset besar             
KEMENTERIAN PERTANIAN
BADAN PENGEMBANGAN SUMBERDAYA MANUSIA PERTANIAN
SEKOLAH TINGGI PENYULUHAN PERTANIAN (STPP) MAGELANG
JURUSAN PENYULUHAN PERTANIAN DI YOGYAKARTA

2015


KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis panjatkan kehadiran Tuhan YME, karena atas berkat dan rahmat-Nyalah penulis dapat menyelesaikan penyusunan Proposal Usaha Coffe Shop sesuai waktu yang telah ditentukan.
Adapun maksud dan tujuan penyusunan proposal ini adalah untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Analisi Peluang Pasar yang di bimbing oleh Ibu Ir. Amie Sulastiyah, MM
      Kami sangat berharap proposal ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita. Kami juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam proposal ini terdapat kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Oleh sebab itu, kami berharap adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan proposal yang telah kami buat di masa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa saran yang membangun.
       Semoga proposal sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sekiranya proposal yang telah disusun ini dapat berguna bagi kami sendiri maupun orang yang membacanya. Sebelumnya kami mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dan kami memohon kritik dan saran yang membangun demi perbaikan di masa depan.
Yogyakarta, Oktober 2015
penulis
 DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR......................................................................................... i
DAFTAR ISI....................................................................................................... ii
PENDAHULUAN............................................................................................... 1
A.       Potenasi........................................................................................................ 1
B.        Masalah........................................................................................................ 1
C.       Tujuan........................................................................................................... 2
KELAYAKAN USAHA...................................................................................... 3
A.       Sumber Modal.............................................................................................. 3
B.        Aspek Pasar.................................................................................................. 3
C.       Aspek Organisasi.......................................................................................... 4
D.       Apek Produksi.............................................................................................. 6
E.        Aspek SDM.................................................................................................. 6
DAFTAR PUSTAKA.......................................................................................... 7
LAMPIRAN........................................................................................................ 8
 PENDAHULUAN
A.       Potensi
Lingkungan saya ( Kalimantan Barat ) merupakan daerah yang agraris, masih banyak lahan pertanian dan lahan pertanian tersebut banyak digunakan untuk menanam pohon kopi karena kondisi tanah tersebut sangat cocok sekali untuk penanaman pohon kopi, oleh karena itu saya dapat memanfaatkan kondisi ini untuk saya jadikan sebagai mata pencaharian. Saya akan membuat sebuah kedai kopi, dengan seperti itu saya dapat menghasilkan biji kopi yang saya tanam sendiri, menghasilkan kopi original yang beda dengan yang lain. Dan saya juga dapat memanfaatkan masyarakat yang masih belum mendapatkan pekerjaan agar dapat mengurangi tingkat pengangguran.
B.       Masalah
Pada saat ini banyak orang yang menginginkan sebuah tempat nongkrong / hangout yang cozy dan sesuai dengan selera mereka, terutama kalangan pelajar atau mahasiswa. Para Mahasiswa sangat identik dengan yang namanya suntuk, galau, resah, dan gelisah, baik karena tugas, organisasi, dosen, dan pihak-pihak lain yang bersangkutan. Kami membuka Enjoy Book Coffee diperuntukan bagi kaula muda dan para Mahasiswa untuk  refreshing dari penatnya berbagai aktivitas yang telah di jalani dengan nuansa santai dengan di temani secangkir kopi merupakan moment yang pas untuk nongkrong dan berbagi cerita bersama teman, pasangan, dan lain-lain.
Maka dari itu saya akan membuat kedai kopi dengan  pembuatan yang berbeda agar orang yang menyukai minuman ini tidak merasa bosan karena banyaknya kalangan masyarakat yang menyukai minuman ini, maka saya akan berusaha memberikan kualitas dan mutu yang baik yang harganya relatif murah bagi semua kalangan masyarakat.
Dengan harga yang bersahabat kedai kopi ini memberikan berbagai fasilitas khususnya buku bacaan untuk menemani pengunjung yang gemar membaca baik fiksi maupun non-fiksi. Kami memilih buku sebagai fasilitas utama dalam perusahaan ini karena mengingat minat baca para anak muda jaman sekarang ini menurun, dan Kami berharap dengan adanya kedai kopi ini bisa meningkatkan minat baca Mereka. Selain berbagai macam buku Kami juga memiliki fasilitas tambahan seperti alat musik bagi pengunjung yang suka akan musik, dan wifi bagi pengunjung yang hanya sekedar ingin nongkrong sambil browsing berbagai hal dari tugas kuliah sampai hal yang paling tidak penting sekalipun. Kedai Kopi ini  di dirikan untuk kaula muda yang gemar akan berbagai macam kopi dari kopi luwak sampai vanila latte, dan bagi kaula muda, para Mahasiswa yang gemar akan membaca berbagai buku pengetahuan.  
C.       Tujuan
-         Memberikan layanan yang berorientasi pada kepuasan konsumen
-         Menyajikan makanan dan minuman yang berkualitas dengan harga terjangkau
-         Memperoleh Laba
-         Membuka Lapangan Kerja
 KELAYAKAN USAHA
A.       Aspek Keuangan
1.      Sumber Modal
Sumber modal awal pendirian Kedai Kopi ini yaitu dari pemilik dan pinjaman Bank serta dari investor yang ingin menanamkan modalnya di kedai Kami.
2.      Analisa Usaha
-         Rata – rata omset / Outlet / bln                    : Rp  100.000.000
-         Bahan Baku ( 40%                                     : Rp     40.000.000
-         Laba Kotor                                                : Rp     60.000.000
Biaya Operasional / outlet ( rata – rata )
-         Gaji Pegawai                                              : Rp   9.250.000
-         Overhead ( listrik, telp, pam )                      : Rp   3.000.000
-         Sewa Tempat                                             : Rp   2.500.000
-         Langganan Internet                                     : Rp        750.000
-         Operasional IT                                           : Rp    3.500.000
-         Biaya Penyusutan Alat                                : Rp    2.500.000   * diambil rata-rata
-         Operasional Lain – Lain                              : Rp   5.000.000
-         TOTAL                                                      : Rp 26.000.000
-         Laba Bersih / outlet                                     : Rp  34.000.000
-         BEP / Balik Modal                                      = 5,8 bulan / 6 bulan
( Anonim A, 2015 )
( untuk lebih jelasnya lihat halaman terlampir)
B.       Aspek Pasar
1.      Jalur
-         Periklanan dan Promosi
2.      Segmentasi
Kedai kopi ini membidik semua kalangan tapi lebih mengacu pada kalangan menengah kebawah seperti para Kaula Muda dan Mahasiswa dengan pemberian harga yang terjangkau dan tidak menyulitkan tetapi juga tidak mengesampingkan kualitas produk sebagai tujuan utama kedai Kami.
C.       Aspek Organisai
1.      Sendiri
-         Bertanggung jawab atas berdirinya perusahaan.
-         Menjamin legalitas perusahaan secara hukum.
-         Sebagai pemegang kekuasaan tertinggi dan pemberi wewenang atau kuasa untuk dijalankan oleh masing – masing manajer atau divisi.
-         Bertanggung jawab atas kelangsungan perusahaan.
-         Berhak menyelenggarakan pertemuan / rapat luar biasa untuk hal – hal tertentu dengan pihak – pihak yang ditunjuk.
-         Monitoring perusahaan dari report tiap – tiap manajer.
-         Mempunyai keputusan mutlak atas atas outlet melalui manajer tiap divisi dengan peninjauan evaluasi kondisi dan situasi terlebih dahulu.
2.      Komunitas
General Manager
-         Sebagai perwakilan owner
-         Bertanggung jawab atas jam operasional outlet
-         Mengambil keputusan di bawah owner.
-         Menerima laporan kinerja dari masing – masing divisi.
-         Monitoring kinerja manajer dan karyawan.
HRD Manager
-         Bertanggung jawab atas semua sumber daya manusia yang bekerja di cafe
-         Bertanggung jawab atas perekrutan pegawai baru.
-         Merekrut dan menyeleksi karyawan baru.
-         Mengevaluasi kinerja karyawan.
Operasional Manager
-         Bertanggung jawab atas operasional outlet.
-         Membuat jadwal kerja karyawan.
-         Membuat checklist bahan baku, purchasing, kitchen, bar.
-         Menyiapkan kas untuk operasional dan berkoordinasi dengan finance dan cashier.
-         Mengontrol fasilitas outlet dan berkoordinasi dengan cleaning service, barista.
Finance Manager
-         Bertanggung jawab atas keuangan perusahaan.
-         Berkoordinasi dengan tiap – tiap divisi untuk kebutuhan keluar masuknya uang kas.
-         Mengatur daftar keperluan, berkas, nota, pembelanjaan dan tagihan.
-         Merancang anggaran untuk keperluan operasional : gaji, purcashing, promosi, maintenance, inventaris.
-         Melaporkan kondisi keuangan kepada General Manager dan Owner.
Marketing Manager
-         Bertanggung jawab atas promosi cafe.
-         Menentukan dan mempertahankan target pasar yang telah ditentukan perusahaan dan membuat strategi untuk memikat para customer agar para customer tidak pindah ke lain tempat.
-          Meningkatkan penjualan dan omset.
-         Memperluas jangkauan pasar.
-         Memperkuat produk, fasilitas, program, dan promosi.
Supervisor
-         Bertanggung jawab dalam mengawasi keseluruhan kinerja barista
-         Mengatur semua jalannya kegiatan operasional kerja barista.
-         Menetukan server dan barman sertaplot area kerja, mempertanggung jawabkan semua kepasda operasional manager.
Barista
Merupakan ujung tombak usaha ini, yaitu sebagai staff yang berhubungan langsung dengan para customer, dalam hal ini Barman bertugas untuk :
-         Membuat menu minuman yang di order oleh customer.
-         Menjaga kebersihan area Bar.
-         Menyiapkan ingridient yang di perlukan untuk membuat minuman.
-         Bertugas mencatat order pesanan tamu.
-         Mengantarkan order pesanan tamu.
-          Mengantarkan order pada bar.
-         Mengantar produk minum dan makanan jadi ke pada tamu.
( Anonime B, 2015 )
D.       Aspek Produksi
1.      Teknis dan Teknologi
Berkaitan dengan pemilihan lokasi proyek, jenis mesin, teknologi atau peralatan lainnya yang sesuai dan pemilihan yang sesuai.
Peralatan Dapur dan Cafe
-         Kompor Gas
-         Blender
-         Coffee Machine
-         Ice crush machine
-         Ice making machine
-         Gelas/Cangkir dan Mug
-         Alat pemanas air
-         Oven
-         Piring
-         Sendok
-         Garpu
-         Meja
-         Kursi
-         Komputer register
-         Lemari Es
-         Panci
-         Wajan, dll
Peralatan Jasa
-         Saluran Wifi atau internet
-          Studio Baca ( Perpustakaan Mini )
-         Playstation dll
E.        Aspek SDM
Kriteria Masing-Masing Job Spec
Koki
Kriteria   :
-         Lulusan SMK jurusan pengolahan
-         Pempunya pengalaman min 1 thn
-         Bersih
-         Jujur
-         Dapat bekerja dalam tim
Job Spec          : 
-         Mengolah makanan dan minuman
-         Membersihkan peralatan dapur serta perlengkapannya
-         Menjaga kebersihan lingkungan dapur
Waiter/es
Kriteria    :
-         Lulusan SMA/ SMK
-         Jujur
-         Berpenampilan menarik
-          Bersih dan cekatan\
-         Dapat bekerja dalam tim
Job Spec          : 
-          Melayani pesanan tamu
-         Mengantar pesanan tamu
-         Menjaga kebersihan dan keutuhan peralatan  ( Anonim C, 2015 )



DAFTAR PUSTAKA
Anonim A, 2015.  Proposal Usaha Kedai Kopi.  http://fajararmando . blogspot. com/2013/06/proposal-usaha-kedai-kopi.html (15 Oktober 2015).
Anonim B. 2015. Profil dan Gambaran Umum Usaha Coffe http://nikmatulmaskuroh.blogspot.co.id/2014/01/profil-dan-gambaran-umum-usaha-coffee.html (15 Oktober 2015).
Anonim C. 2015. Proposal Bisnis. https://firosa.wordpress.com/proposal-bisnis/.html  (15 Oktober 2015).
Anonim E. 2015. Proposal Usaha Happy Coffe.  "http://belajarbuatapasaja.blogspot.com/2014/12/proposal-usaha-happy-coffee.html (15 Oktober 2015).
Anonim F. 2015. Proposal Usaha Cafe.  http://makalahlaporanterbaru1.blogspot.com/2014/02/proposal-usaha-cafe.html (15 Oktober 2015).

1 komentar:

  1. Can I make money with online gambling? - Work-to-Earn
    Online gambling is the 샌즈카지노 future of gambling. We live in the 21st century where online gambling is choegocasino flourishing and our culture หารายได้เสริม is thriving and we are

    BalasHapus